Ultra Instinct? Ini Super Saiyan 5 Goku!

Ultra Instinct? Ini Super Saiyan 5 Goku!


Ultra Instinct
Ultra Instinct menjadi form terbaru Goku yang pertama kali muncul dalam Dragon Ball Super. Form yang disebut-sebut sebagai form terkuat milik Goku ini memiliki keunikan berupa rambutnya yang berwarna putih. Akan tetapi, tahukah kamu kalau sebelum Ultra Instinct muncul, Goku sudah duluan memiliki form dengan rambut putih bernama Super Saiyan 5, lho!

Super Saiyan 5 Goku ini pertama kali muncul dalam seri Dragon Ball AF. Super Saiyan 5 Goku ini memiliki rambut putih seperti Ultra Instinct. Akan tetapi, bedanya adalah wujud ini sangat mirip dengan Super Saiyan 4 yang muncul dalam Dragon Ball GT, yaitu seluruh tubuh Goku ditutupi dengan bulu putih dan memiliki ekor putih layaknya monyet.

Tentunya, Dragon Ball AF ini disebut-sebut sebagai penerus Dragon Ball GT. Akan tetapi, Dragon Ball AF sendiri sebenarnya hanyalah sebuah “mitos” dalam seri Dragon Ball. Kenapa? Karena alih-alih seperti Dragon Ball GT, yang merupakan serial non-canon tetapi dikerjakan oleh Toei, Dragon Ball AF sendiri merupakan buatan fan. Jadi, jelas form yang satu ini tidak resmi.

Meskipun begitu, form yang satu ini cukup terkenal di kalangan fan saat itu, begitu pula dengan Dragon Ball AF. Tidak ada yang tahu kapan pertama kali Super Saiyan 5 dan Dragon Ball AF ini muncul. Akan tetapi, gambar pertama yang tercatat dalam sejarah diketahui merupakan buatan dari David Montiel Franco pada Mei 1999 dan diterbitkan dalam majalah Spanyol 1999.

Pada Oktober 2000, sebuah website bernama Majin.com pun mem-posting mengenai Dragon Ball AF dan menyatakan bahwa seri ini adalah seri resmi. Padahal, kenyataannya tidak! Haha. Meskipun begitu, Super Saiyan 5 ini banyak dipercaya oleh para fan Dragon Ball—dan mungkin ada beberapa fan saat ini yang percaya bahwa form ini resmi mengingat sampai saat ini form ini juga sering muncul dalam video-video random di Youtube.

Xicor vs Super Saiyan 5 Goku

Meskipun tidak resmi, tetapi Super Saiyan 5 Goku ini cukup menarik. Dalam salah satu doujin buatan Toyble yang saya baca, diceritakan bahwa form ini didapatkan Goku setelah dilatih oleh Syn Shenron yang telah menjadi baik setelah dikalahkan oleh Goku di akhir Dragon Ball GT. Lalu, musuh Goku yang ada juga cukup beragam—tergantung versi doujin mana yang kamu baca.

Ada satu musuh yang memiliki cerita cukup menarik bernama Xicor. Dia adalah anak dari salah satu Kaio Shin perempuan yang selamat dari serangan Majin Buu dan merupakan kloningan Goku. Kekuatan dari musuh ini juga tidak bisa diremehkan, mengingat Vegeta dan Gohan yang bisa berubah menjadi Super Saiyan 4 dalam doujin ini tidak bisa mengalahkannya. Yah, meskipun cerita tidak resmi tetapi Dragon Ball AF ini cukup seru juga. Haha!

Meskipun Super Saiyan 5 bukanlah form resmi, tetapi beberapa material resmi Dragon Ball pernah menyebutkan tentang form ini, lho! Dalam salah satu episode Dragon Ball GT yang dibuat oleh Toei berjudul The Heart of the Prince, Bulma pernah mengatakan bahwa Vegeta bisa saja berubah menjadi Super Saiyan 5.

Ultra Instinct? Ini Super Saiyan 5 Goku!

Lalu, dalam Dragon Ball Xenoverse 2 yang dibuat oleh Bandai Namco, ada tokoh bernama Miwa yang memiliki penampilan mirip dengan Super Saiyan 5 setelah dirinya menghisap Towa.

Tidak ketinggalan, dalam game seri Budokai dan Tekaichi, Super Saiyan 4 memiliki kostum alternatif yang membuatnya mirip dengan Super Saiyan 5 ini.

Baca juga:

Tidak ada komentar