Alasan Kenapa Luffy Tidak Diajak Gabung Shichibukai?

Alasan Kenapa Luffy Tidak Diajak Gabung Shichibukai?


Luffy Tidak Diajak Gabung Shichibukai
Walau Luffy pasti menolak, kenapa ya Pemerintah Dunia tak pernah mencoba mengirim undangan agar Luffy jadi Shichibukai? Memang, sebenarnya kalaupun Pemerintah Dunia mencoba mengirim tawaran, Luffy pasti akan menolak untuk gabung dengan Shichibukai. Sebagai bajak laut yang sangat menjunjung kebebasan, Luffy tidak akan mau menjadi kaki tangan Pemerintah Dunia.

Yang mengherankan adalah Luffy tidak diajak gabung Shichibukai sama sekali. Ace dulu ditawari, tapi menolak. Boa Hancock langsung ditawari posisi sebagai Shichibukai setelah satu kali saja beroperasi sebagai bajak laut. Buggy langsung mendapat tawaran setelah kejadian di Perang Marineford.

Padahal dari segi kekuatan dan reputasi, bukankah Luffy juga setara dengan sosok-sosok itu? Sudah begitu, prestasi-prestasinya pun kian menggila. Bahkan dia ini penyebab anggota Shichibukai sering kali tidak pas tujuh. Selalu saja ada Shichibukai yang dia hajar, mulai dari Crocodile, Moriah, hingga yang terbaru adalah Doflamingo.

Beberapa faktor yang bisa jadi alasannya.

Reputasi dan Jenis Kejahatan

Reputasi adalah hal yang sangat penting agar seorang bajak laut mendapat tawaran jadi Shichibukai.

Marshall D. Teach meroket jadi Shichibukai karena dia mampu menangkap Portgas D. Ace dari kelompok bajak laut Whitebeard. Trafalgar Law menjadi Shichibukai setelah mengirim jantung dari 100 bajak laut ke Pemerintah Dunia. Boa Hancock dikirimi tawaran karena baru sekali beroperasi saja nilai bounty-nya sudah tinggi. (Tidak heran, mengingat bajak laut Kuja sangat ahli menggunakan Haki).

Angkatan Laut dan Pemerintah Dunia akan dengan bangga mengumumkan prestasi-prestasi para bajak laut itu, sebagai alat intimidasi ke musuh mereka sekaligus menunjukkan kalau para bajak laut perkasa itu saja mau tunduk ke Pemerintah Dunia.

Nah, sekarang lihat lagi alasan-alasan kenapa tokoh-tokoh di atas ditawari posisi sebagai Shichibukai. Teach menangkap anak buah seorang Yonko, sehingga baik Angkatan Laut maupun Pemerintah Dunia merasa dia bisa menjadi sekutu berharga untuk mereka. Law mengambil jantung dari bajak laut, bukannya orang tak bersalah atau Angkatan Laut, sehingga Pemerintah Dunia bisa menganggap kalau Law memang ingin mengabdi ke mereka.

Lalu ada juga Buggy, yang meski membuat masalah di Marineford (dan merupakan kru dari Gol D. Roger, yang dulu sempat diburu untuk dihabisi) tapi tidak benar-benar melakukan tindakan yang bisa dianggap sebagai deklarasi perang ke Pemerintah Dunia.

Dibanding mereka, kasus Luffy lebih unik.

Awalnya Dinilai Kurang Penting, lalu Jadi Kelewat Berbahaya

Bounty pertama Luffy adalah 30 juta Belly. Ini sepuluh kali lipat dari rata-rata nilai buruan bajak laut di East Blue, dan jauh lebih besar dari Arlong, Krieg, dan Buggy, para pemain utama di lautan tenang itu saat awal One Piece.

Meski begitu, di saat bounty-nya 30 juta Belly ini Luffy “hanya” merontokkan penjahat kelas remeh. Soalnya East Blue sendiri sering dipandang sebelah mata oleh para bajak laut lain yang sukses mencapai Grand Line. Bila Luffy gabung Shichibukai saat itu juga, namanya pasti dinilai kurang mengintimidasi.

Selain itu… ya… di masa Luffy dapat 30 juta Belly ini, Shichibukai masih utuh tujuh. Pemerintah Dunia memang belum membuka lowongan.

Lalu nilai buruan Luffy meningkat jadi 100 juta Belly. Namun alasan utamanya (karena dia merontokkan Crocodile) tidak disampaikan ke dunia. Propaganda Pemerintah Dunia membuat Smoker dianggap sebagai sosok yang mengatasi ancaman Crocodile di Alabasta. Jadi walau Luffy membuat kekosongan di kursi Shichibukai, Pemerintah Dunia jelas tidak bisa sembarang mengajak Luffy ke Shichibukai untuk menggantikan Crocodile.

Selain itu, Pemerintah Dunia juga mungkin merasa gerakan Luffy ini seperti tidak memedulikan kuasa mereka. Saat Crocodile mencoba melakukan kudeta, dia masih Shichibukai, sehingga statusnya masih dilindungi oleh Pemerintah Dunia. Namun Luffy tetap saja melawan Crocodile tanpa memikirkan konsekuensinya.

Ingat, kebanyakan bajak laut waras tidak akan sengaja membuat Pemerintah Dunia menjadi musuh mereka. Karenanya Pasukan Revolusioner Monkey D. Dragon begitu ditakuti, saat kriminal biasa hanya mengincar sesama bajak laut atau rakyat tak bersalah, Dragon jelas-jelas mencoba berperang dengan Pemerintah Dunia. Sejauh ini, walau belum pernah bertemu dengan ayahnya, Luffy berulang kali melakukan hal yang sama.

Baca juga:

This Is The Oldest Page

Tidak ada komentar