Ternyata Tomat Memiliki Manfaat Baik untuk Kecantikan

Demi menjaga kecantikan, tidak harus menghabiskan jutaan rupiah untuk produk kosmetik dan beragam perawatan kecantikan lainnya. Beberapa rahasia perawatan kecantikan terbaik bisa didapat dari bahan-bahan alami dari dapur. Salah satunya, buah tomat yang banyak manfaatnya.
Ternyata Tomat Memiliki Manfaat Baik untuk Kecantikan

Berikut 10 manfaat tomat untuk kecantikan kulit.

1. Mengecilkan pori-pori terbuka
Campurkan jus tomat dengan sedikit jus lemon dan aplikasikan pada wajah. Biarkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu untuk melihat pori-pori terlihat mengecil.

2. Menunda penuaan dini
Tomat dapat membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat. Kupas tomat dan hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya. Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta.

Selajutnya Oleskan pada wajah sebagai masker dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar kulit wajah terasa lembab.

3. Untuk meredakan jerawat
Tomat mengandung Vitamin A dan C, yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Potong tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulit Anda selama sekitar 10 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

4. Mengatasi permasalahan kulit berminyak
Campurkan jus tomat dengan jus mentimun, dan aplikasikan pada wajah Anda dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari ini untuk mengatasi permasalahan minyak berlebih pada wajah. Tomat memiliki sifat zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih, dan mentimun dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit.

5. Menghilangkan ketombe
Gunakan tomat segar yang sudah dihaluskan dan pijat dengan baik pada permukaan kulit kepala dan rambut. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum membilasnya. Hal ini membantu untuk mengurangi ketombe.

Tomat juga bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut, membantu dalam peningkatan PH, dan juga dapat mengembalikan warna alami rambut.

6. Untuk mengobati kulit yang terbakar matahari
Kandungan lycopene dalam tomat, dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari. Aplikasikan jus tomat yang dicampur dengan butter-milk ke area kulit yang terbakar dan bilas setelah 30 menit. Ini akan meringankan luka bakar dan membantu menyembuhkan belang pada kulit.

7. Pengelupasan sel kulit mati
Celupkan potongan buah tomat ke dalam mangkuk gula dan gosok wajah dengan lembut. Proses ini membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

8. Membuat kulit berkilau
Jika kulit kusam, gunakan masker wajah dengan mencampur pure tomat dengan yogurt.

Tomat akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit, sementara yoghurt akan mencerahkan dan menutrisi kulit. Perawatan ini sangat baik untuk dilakukan saat musim panas.

9. Untuk mengurangi berat badan
Jus tomat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga menyebabkan konsumsi makanan yang lebih rendah. Mengkonsumsi jus tomat dua kali sehari dapat membuat berat badan lebih baik dan menghentikan proses fermentasi di usus, yang merupakan salah satu alasan untuk kenaikan berat badan.

10. Untuk membersihkan kulit
Gunakan tomat yang dicampur dengan alpukat untuk membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi. Alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent alami, yang keduanya bekerja dengan baik menutrisi kulit.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser