5 Jajanan Jaman Dahulu (Dulu Sering Lewat Depan Rumah)

5 Jajanan Jaman Dahulu (Dulu Sering Lewat Depan Rumah)

5 Jajanan Jaman Dahulu (Dulu Sering Lewat Depan Rumah)

Masih inget sama jajanan yang dulu sering lewat depan rumah lo? Sadar nggak sih lo, ada beberapa jajanan yang biasanya lewat depan rumah lo sekarang udah mulai ilang dari peredaran karena orang-orang udah mulai nggak minat dan beralih ke jajanan yang kekinian.
5 Jajanan Jaman Dahulu (Dulu Sering Lewat Depan Rumah)

Padahal mungkin dulunya lo nunggu-nunggu banget nih abang jajanan lewat. Jajanan apa aja sih?

1. Kue Rangi
Kue Rangi

Yang nggak tau kue rangi, nih jelasin dikit ya. Kue rangi itu dibuat dari campuran kelapa parut sama sagu terus di masak di atas cetakan kue yang mirip kek kue pancong. Bedanya kue rangi dimakan bareng sama saus gula merah kentel, kadang abangnya inmprovisasi buat nambahin sausnya paje potongan buah nangka atau duren. Biasanya selembarnya 3 ribu perak, terus minta nambah extra saus gulanya. Hmm.. jadi BM..

2. Kue Putu + Klepon
Kue Putu + Klepon

Ini nih, kalo lewat khas banget bunyinya. Jaman dulu kalo beli goceng aja udah banyak banget. Kang kue putu biasanya lewat sore-sore pas banget sama jam mbak-mbak nyuapin bocah sambil maen sepedah wimsaikel. Selain jualan kue putu, biasanya ada pendampingnya yaitu klepon.

3. Getuk
Getuk

Kang getuk kalo lewat lebih mirip kek orkes gerobak dorong. Karena biasanya mereka sambil nyetel dangdut kenceng banget sampe ada yang gerobaknya dipasang toa masjid. Di beberapa wilayah di Jakarta, getuk udah jarang banget di jajakan lewat abang-abang. Lo musti datang ke pasar tradisional buat nemuin getuk. Yang lupa sama bentuk dan rasanya, getuk itu camilan dari singkong, yang direbus terus ditumbuk, dikasih pewarna makanan terus dikukus lagi. Biasanya dimakan bareng parutan kelapa.

4. Es Goyang
Es Goyang

Tukang es goyang juga udah suka nggak keliatan lagi wara wiri di komplek rumah. Biasanya si abang siang-siang panas terang sering lewat. Es goyang atau di bilang es lilin betawi cuma dibuat dari tiga bahan sederhana. Santen, Gula sama susu kental manis. Yang bikin keren dari es goyang adalah proses tiga bahan tersebut menjadi sepotong eskrim. Kang es goyang menggunakan gerobak yang di pasang pendingin listrik terus goyang-goyangin gerobaknya sampe adonan berubah jadi eskrim. Ajaib kan!

5. Rujak Bebek
Rujak Bebek

Rujak bebek atau rujak tumbuk atau rujak ulek emang masih ada. Tapi, paling lo bisa nemuin pas lagi event-event semacem Jakarta Fair. Yang paling khas dari rujak bebek adalah rasa pisang batu yang sepet-sepet enak. Biasanya tukan rujak bebek, numbuk buahnya pake tumbukan kayu dan disajiin pake piring dan sendok daun pisang.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian anda tercemin saat berkomentar.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like CIDOSHARE? Keep us running by whitelisting CIDOSHARE in your ad blocker.

This is how to whitelisting CIDOSHARE in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×