Kebiasaan Sepele yang Menimbulkan Pemborosan

Kebiasaan Sepele yang Menimbulkan Pemborosan

Kebiasaan Sepele yang Menimbulkan Pemborosan

Bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan atau tidak memiliki keberuntungan untuk melakukan atau membeli sesuatu tanpa banyak pikir dan tanpa melihat harga, tentulah diperlukan sebuah perencanaan yang berakhir dengan menabung.

Semua orang pasti pernah mengalami ini. Mungkin Anda pergi ke suatu tempat, Mall atau pusat perbelanjaan dan melihat sebuah barang yang membuat Anda jatuh cinta dan ngiler pada pandangan pertama. Dan setelah melihat label harga, Anda pun dalam hati menyanyikan lagu sedih dan meratapi nasib. Harganya terlalu jauh dari jangkauan.
Kebiasaan Sepele yang Menimbulkan Pemborosan

Jika Anda banyak uang, semua ini tentunya tidak masalah. Anda bisa tinggal melakukan apa pun untuk memuaskan hasrat Anda. Masalahnya adalah bagaimana Anda tidak seperti itu? Anda tidak sendirian, mayoritas orang juga mengalami apa yang Anda rasakan.

Salah satu hal umum yang dilakukan banyak orang adalah menabung untuk mewujudkannya. Memang butuh waktu, tapi memang itulah yang bisa dilakukan saat ini.Sebenarnya ada tiga hal yang bisa Anda lakukan yaitu menyisihkan sebagian uang, memperbesar penghasilan atau mengecilkan pengeluaran.

Mungkin Anda tidak menyadari ini, tapi Anda pasti tidak sadar bahwa ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya menguras pengeluaran dan beberapa di antaranya adalah kebiasaan yang sangat sepele dan tidak terlalu dibutuhkan. Jika Anda berhasil menekan kebiasaan ini, Anda pasti akan terkejut betapa banyaknya uang yang bisa Anda hemat dan tabung untuk mewujudkan sesuatu yang diinginkan. Berikut adalah 6 kebiasaan sepele yang secara tidak langsung merupakan pemborosan.

1. Shop Till Drop
Pernah dengat istilah ini? Belanja sampai gempor. Mungkin ini lebih sering dilakukan wanita. Shopping mungkin sudah menjadi kodrat wanita, tapi banyak dari mereka yang terlalu berlebih dan melewati garis batas normal sehingga mereka mengeluarkan kocek di luar rencana. Rencana ingin membeli ini itu, tapi akhirnya malah membeli dengan pengeluaran berkali-kali lipat dan sayangnya ini dilakukan hanya karena emosi sesaat demi menuntaskan dahaga shopping.


2. Paket Data Internet
Ada orang yang membeli paket data internet berkali-kali dalam sebulan. Ada yang membeli seminggu sekali. Saya kebetulan pernah menjumpai orang seperti ini. Saya berpikir untuk apa membeli sebanyak itu. Ternyata digunakan untuk menonton video Youtube sepanjang hari. Jika Anda sedang dalam tahap berhemat dan menabung, paket data internet sangat menguras pengeluaran Anda. Menonton video adalah salah satu penguras kuota terbesar. Jika sudah kecanduan, mungkin Anda akan menghabiskan uang untuk membeli paket data.

3. Parkir
Mungkin Anda tidak pernah menyadari ini. Di kota besar, tarif parkir sudah mencapai dua ribu rupiah. Bayangkan Anda membeli makan di warung, kena parkir. Tarik uang di AtM, kena parkir. Membeli sesuatu di toko, kena parkir lagi. Jika dalam sehari Anda berhenti di lima tempat berarti Anda sudah menghabiskan uang sepuluh ribu. Sebulan Anda menghabiskan tiga ratus ribu. Setahun tiga juta enam ratus ribu rupiah. Mencengangkan, bukan? Anda bisa melakukan berbagai cara untuk meminimalisir pengeluaran uang parkir ini sehingga Anda bisa menghemat.

4. Rokok
Mungkin inilah salah satu pengeluaran terbesar bagi rakyat Indonesia. Bahkan ada pepatah sindiran yang mengatakan, “Lebih baik tidak makan daripada tidak merokok.” Saya tidak melarang Anda merokok. Mari kita hitung-hitungan. Katakanlah Anda mengisap rokok sebungkus setiap hari. Satu bungkus lima belas ribu. Sebulan Anda menghabiskan empat ratus lima puluh ribu. Setahun Anda membakar uang sebanyak lima juta empat ratus ribu. Bagaimana dengan yang kecanduan hingga mengisap dua bungkus rokok per hari? Sepuluh juta delapan ratus ribu per tahun. Cukup untuk membeli iPhone 7 atau jalan-jalan ke Hongkong.

5. Membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan
Ini juga salah satu kebiasaan yang jarang disadari banyak orang. Mereka membeli bukan karena sesuatu itu benar-benar dibutuhkan, tapi karena keinginan semata. Bayangkan berapa banyak yang bisa dihemat jika bisa meredam kebiasaan ini? saya pikir Anda bisa menghemat cukup banyak.


6. Mengabaikan Uang Receh
Jangan buru-buru memandang sebelah mata terhadap uang receh. Beberapa tahun lalu saya membeli dua celengan untuk menaruh uang koin lima ratus dan seribu. Tiap kali ada uang koin, saya masukkan ke celengan. Setelah dua tiga tahun, tanpa terasa, dua celengan penuh tersebut berjumlah sekitar satu juta lima ratus ribu rupiah. Sepele tapi lumayan. Kenyataan yang sering saya lihat adalah banyak orang membuang uang receh entah ke mana, menaruh di sembarang tempat. Uang receh memang kecil nilainya, tapi hasilnya lumayang jika terkumpul dan bisa membuat orang pingsan jika ditimpuk.

Cobalah Anda lakukan ke enam hal di atas dan lihat berapa banyak yang bisa Anda hemat.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian anda tercemin saat berkomentar.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like CIDOSHARE? Keep us running by whitelisting CIDOSHARE in your ad blocker.

This is how to whitelisting CIDOSHARE in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×