Burkini, Pakaian Renang Yang Penuh Kontroversi

Burkini, Pakaian Renang Yang Penuh Kontroversi

Burkini, Pakaian Renang Yang Penuh Kontroversi

Burkini menuai kontroversi di Prancis. Kontroversi muncul setelah terungkap adanya anggota polisi di Pantai Nice yang meminta pengunjung pantai untuk membuka burkini yang dikenakannya beredar luas di internet.


Dalam foto-foto yang beredar, terlihat beberapa polisi yang berjaga di pantai menghampiri para perempuan yang mengenakan burkini, seperti yang diberitakan Daily Mail. Bahkan seorang perempuan yang sedang berjemur di pantai mengenakan busana lengan panjang tertutup dengan penutup kepala pun diperintahkan untuk segera membuka pakaiannya.

Nasib yang sama juga harus dialami orang lainnya yang sedang berenang di tepi laut. Para perempuan tersebut jelas-jelas mengenakan burkini ketika berenang. Polisi menghampirinya, menyuruh menepi, dan meminta mereka membuka pakaian. Mereka pun dikenai denda sebesar GBP32 atau sekitar Rp559 ribu.

Pasalnya, mereka yang mengenakan burkini tersebut dianggap telah melanggar peraturan yang ada di Prancis.

Negara yang merupakan pusat mode dunia tersebut memang telah menetapkan aturan pada tahun 2004 yang melarang adanya warga yang mengenakan simbol-simbol agama tertentu di ruang publik. Baik hijab, kalung salib dan sebagainya. Peraturan ini berlaku bagi turis maupun warga lokal.

Lalu sebenarnya, apa itu burkini? Mengapa keberadaannya dilarang sehingga para perempuan yang mengenakannya harus membukanya?

Burkini atau burqini, adalah sebentuk pakaian renang. Burkini biasanya terbuat dari bahan yang melar, persis seperti pakaian renang pada umumnya yang terbuat dari polister, lycra atau nilon. Sama seperti baju renang perempuan pada umumnya, terdapat corak menarik pada burkini.

Ketimbang pakaian renang biasa, burkini bermodel jauh lebih tertutup. Pakaian ini dibuat berlengan dan bercelana panjang. Pakaian atasnya pun dibuat menutupi area pinggul dan bokong dengan sempurna, lengkap dengan penutup kepala berbahan sama. Singkatnya, ketika mengenakan burkini, bagian tubuh yang terlihat hanyalah telapak tangan dan kaki juga wajah. Sepintas, mirip dengan wetsuit, pakaian yang biasa dipakai untuk menyelam di laut.

Setiap ukuran juga dirancang sedemikian rupa sehingga pakaian tak ketat seperti pakaian renang pada umumnya. Di Indonesia pun burkini sudah dapat ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan.

Dinamakan burkini karena merupakan gabungan dari kata burka atau hijab dan bikini, karena pada awalnya sang perancang, Aheda Zanetti menciptakan pakaian ini untuk menolong keponakannya yang kesulitan untuk berolahraga air karena mengenakan hijab.

Burkini memang sangat membantu perempuan yang berhijab, karena lebih memudahkan dalam bergerak dan berolahraga dalam air. Namun pada praktiknya, burkini tak hanya digunakan oleh kaum muslim yang berhijab.

Di Australia para perempuan penjaga pantai mengenakan burkini. Jurnalis asal Inggris, Nigella Lawson juga mengenakan burkini meskipun dalam kesehariannya ia tak berhijab. Hal ini dilakukannya semata-mata untuk melindungi kulit dari sengatan matahari ketika berenang di pantai.

Meskipun demikian Aheda Zanetti juga mengatakan dalam wawancaranya dengan The Guardian, bahwa burkini bukanlah simbol agama Islam atau agama lainnya. Burkini hanyalah symbol dari kebebasan, kegembiraan dan kesehatan.


Kenampakan burkini
A photo posted by Saman (@saman_shad) on

Nigella Lawson, salah satu pemakai burkini yang tak berhijab

Berita tentang razia para pemakai burkini di Prancis

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

1 Comment

Guru Renang Belajar Kursus Les Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

- Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
- Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
- Pembayaran dibayar dimuka.
- Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
- Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
- Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
- Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
- Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
- Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
- Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

Balas
Add Comment

Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian anda tercemin saat berkomentar.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like CIDOSHARE? Keep us running by whitelisting CIDOSHARE in your ad blocker.

This is how to whitelisting CIDOSHARE in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×

Advertisement